Rabu, 19 September 2018

Santri Pondok Pesantren Miftahul 'Ulum gelar Pagelaran Seni 'Drama Arena'

gambar 1.1 Panggung DA 512 santri putri
tahun 2018
Pondok Pesantren Miftahul 'Ulum adalah salah satu pondok pesantren modern di Indramayu yang tepatnya terletak di Desa Rajasinga, Kecamatan Terisi, Indramayu. Selain mengajarkan tentang kitab kuning atau metode salafi, Pondok yang kerap disapa MU ini juga mengajarkan santri-santrinya untuk bisa dalam segala bidang termasuk seni. Kreatifitas mereka selalu ditunjukkan dalam acara rutin tahunan yaitu Drama Arena (DA) untuk kelas 5 KMI Pondok Pesantren Miftahul 'Ulum atau kelas 2 SMA, dan Panggung Gembira (PG) yang dikomandoi oleh santri-santri kelas akhir atau kelas 3 SMA.

Dalam acara tersebut, mereka bukan hanya menghibur, tapi sekaligus berdakwah dengan cara yang menarik dan terbungkus rapi dalam setiap penampilan yang mereka bawakan. Diantara nya yaitu pidato berbahasa Arab, Inggris dan Indonesia, Tarian tradisional, Dance comedy, Drama kabaret, dan penampilan-penampilan lainnya juga yang pastinya mengandung unsur edukasi yang tinggi. Metode berdakwah ini diajarkan oleh Kiyai nya agar mereka bisa hidup ditengah-tengah perkembangan zaman yang makin hari semakin modern seperti sekarang ini. 
Agar mereka tidak hanya berdakwah dengan cara yang membosankan dan hanya diminati oleh kalangan lanjut usia, tapi dengan metode dakwah yang unik dan menarik seperti ini, generasi milenial juga diharapkan dapat tertarik dengan cara dakwah santri-santri ini.

Dengan bertekad semangat, santri-santri MU tidak pernah berhenti untuk mendedikasikan diri mereka untuk agama, bangsa dan negeri tercinta ini. Karena dalam hati mereka tertanam slogan "Al-Khidmatu Syarofun lana" yang artinya Pengabdian itu mulia bagi kita.

1 komentar: